Bahasa Pemrograman Komputer C, C++, dan Java
Disusun Oleh:
Bakti Agasta (1021911065)
Kelas: 2 C
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG
Jl. Kampus Terpadu UBB, Kel.
Balunijuk, Kec. Merawang,
Kab. Bangka, Bangka Belitung
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya kami
bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Bahasa Pemrograman Komputer” tepat pada waktunya. Makalah ini disusun
dalam rangka untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemrograman komputer.
Dalam
kesempatan kali ini, kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah
membantu, diantaranya:
1.
Bapak Ghiri Basuki Putra ST.MT. selaku dosen mata
kuliah pengukuran & instrumental besaran listrik.
2.
Rekan sesama kelompok yang telah bekerja
sama dalam penyusunan makalah ini.
3.
Teman-teman kelas 2C jurusan Teknik
Elektro Universitas Bangka Belitung yang telah memberikan dukungan.
Harapan
penulis dalam makalah kali ini adalah agar penulis dapat memberi pengetahuan
mengenai materi menjelajahi dunia pustaka Bahasa Indonesia kepada pembaca. Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan.
Oleh karena itu mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini,
agar dapat mengevaluasi dan meningkatkan kualitas dalam pembuatan makalah
selanjutnya. Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat.
Balunijuk, 21 February 2020
Penulis
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Bahasa
pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang bisa
dikatakan mudah untuk dipelajari dan mudah untuk dipahami karena bahasanya
merupakan bahasa tingkat tinggi yang dimengerti oleh manusia. Bahasa C dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis
Ritchie.
Bahasa C++ dibuat oleh Bjarne Stroustrup di AT dan T
Bell Laboratorium pada tahun 1980 yang merupakan pengembangan dari bahasa C.
Pada awalnya bahasa ini disebut dengan C With Classes, sedangkan menggunakan
nama C++ dimulai sejak 1983, yang diusulkan oleh Rick Mascitti. Bahasa C++
mengembangkan kemampuan dari bahasa C yaitu dengan :
1.
Memberikan dukungan untuk menciptakan dan memanfaatkan abstraksi data.
2. Dapat
digunakan untuk pemrogram berorientasi objek
3. Dan yang
terakhir telah menutupi beberapa kekurangan dalam bahasa C
Bahasa program C++ adalah penerus bahasa program C
yang merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah. Pencipta bahasa program C
adalah Brian W. Kerninghan dan Dennis M. Ritchie pada tahun 1972. Sedangkan C++
diciptakan satu dekade setelah C oleh Bjarne Stroustrup dari Labortorium Bell,
AT&T pada tahun 1983. Pada awalnya C++ diberi nama A Better C.
Algoritma adalah urutan aksi-aksi yang dinyatakan
dengan jelas dan tidak rancu untuk memecahkan suatu masalah dalam rentang waktu
tertentu. Setiap aksi harus dapat dikerjakan dan mempunyai efek tertentu.
Algoritma dapat dituliskan dengan banyak cara, mulai dari menggunakan bahasa
alami yang digunakan sehari-hari, simbol grafik bagan alir, sampai menggunakan
bahasa pemrograman seperti bahasa C atau C++.C & C++.
Berbicara tentang C++ biasanya tidak lepas dari
C, sebagai bahasa pendahulunya, pencipta
C adalah Brian W. Kerninghan dan Dennis M. Ritchie pada sekitar tahun 1972, dan
sekitar satu dekade setelahnya diciptakanlah C++, oleh Bjarne Stroustrup dari
Labortorium Bell, AT&T, pada tahun 1983. C++ cukup kompatibel dengan bahasa
pendahulunya C. Pada mulanya C++ disebut A Better C. Nama C++ diberikan oleh
Rick Mascitti pada tahun 1983, yang berasal dari operator increment pada bahasa
C. Keistimewaan yang sangat berarti dari C++ ini adalah karena bahasa ini
mendukung pemrograman yang berorientasi objek (OOP / Object Oriented
Programming).
1.2 Rumusan Masalah
Sehubungan dengan adanya masalah yang timbul maka
penulis merumuskan masalah sebagai beikut :
1. Bagian –
bagian apakah yang terpenting ketika kita membuat suatu program?
2.
Mengidentifikasi bahasa pemograman bahasa C, C++ dan Java?
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulis melakukan penulisan ini adalah
untuk mengetahui dan mengenal perkembangan bahasa pemograman C,C++ dan Java?
BAB 2
MENGENAL BAHASA C, C++ dan JAVA
2.1 Pengertian Bahasa C
Bahasa Pemrograman C adalah
sebuah bahasa pemrograman komputer yang bisa digunakan untuk membuat berbagai
aplikasi (general-purpose programming language),
mulai dari sistem operasi (seperti Windows atau Linux), antivirus, software
pengolah gambar (image processing), hingga compiler untuk bahasa pemrograman,
dimana C banyak digunakan untuk membuat bahasa pemrograman lain yang salah
satunya adalah PHP.
Meskipun termasuk
general-purpose programming language, yakni bahasa pemrograman yang bisa
membuat berbagai aplikasi, bahasa pemrograman C paling cocok merancang aplikasi
yang berhubungan langsung dengan Sistem Operasi dan hardware. Ini tidak
terlepas dari tujuan awal bahasa C dikembangkan.
Bahasa pemrograman C
dibuat pertama kali oleh Dennis M. Ritchie pada tahun 1972. Saat itu Ritchie
bekerja di Bell Labs, sebuah pusat penelitian yang berlokasi di Murray Hill,
New Jersey, Amerika Serikat.
Ritchie membuat bahasa
pemrograman C untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. Sebelumnya, sistem
operasi UNIX dibuat menggunakan bahasa assembly (assembly language). Akan
tetapi bahasa assembly sendiri sangat rumit dan susah untuk dikembangkan.
Dengan tujuan mengganti bahasa assembly,
peneliti di Bell Labs membuat bahasa pemrograman B. Namun bahasa pemrograman B
juga memiliki beberapa kekurangan, yang akhirnya di lengkapi oleh bahasa
pemrograman C.
Dengan bahasa C inilah
sistem operasi UNIX ditulis ulang. Pada gilirannya, UNIX menjadi dasar dari
banyak sistem operasi modern saat ini, termasuk Linux, Mac OS (iOS), hingga
sistem operasi Android.
Bahasa pemrograman C
merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang bisa dikatakan mudah untuk
dipelajari dan mudah untuk dipahami karena bahasanya merupakan bahasa tingkat
tinggi yang dimengerti oleh manusia. Bahasa C dibuat pada tahun 1972 oleh
Dennis Ritchie.
2.2 Pengertian Bahasa C++
C++ merupakan
bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk
menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan
class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi
dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya
dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah
dipecahkan dengan Class.
Bahasa C adalah bahasa pemrograman
prosedural yang memungkinkan kita untuk membuat prosedur dalam menyelesaikan
suatu masalah. Bahasa pemrograman
C++ adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek.
Perbedaan Antara
Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan
sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa
pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan
membagi-bagi masalah tersebut kedalam sub-submasalah yang lebih kecil,
sedangkan untuk C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat
Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan
langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang
dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut
berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah
beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.
2.3 Pengertian Bahasa Java
Java
adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk
telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih
bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis
tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++
namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan
rutin-rutin aras bawah yang minimal.
Aplikasi-aplikasi
berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat
dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa
pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara
khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin.
Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan
aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda,
java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana
pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer
digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis
perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.
2.4 Contoh Bahasa Program C
A. Membuat program menggunakan fungsi printf
Fungsi printf merupakan fungsi yang
terdapat pada pemrograman bahasa C yang berguna untuk menampilkan keluaran/output ke layar monitor. Fungsi ini sangat umum
digunakan untuk membuat sebuah program dengan bahasa pemrograman C.
Berikut contoh programnya,
// Contoh
program menggunakan fungsi printf
#
include <stdio.h>
int
main()
{
// Menampilkan Nilai bilangan integer
printf("\nNo : %d", 134);
// Menampilkan Nilai bilangan real
printf("\nNilai : %f", 10.65);
// Menampilkan string
printf("\nNama : %s", "Bang
Toyib");
// Menampilkan karakter
printf("\nNilai Anda adalah :
%c", 'A');
}
B. Membuat
program menggunakan fungsi scanf
Fungsi scanf merupakan fungsi yang
digunakan untuk memasukkan/input berbagai
jenis data dalam bahasa pemrograman C dengan menggunakan keyboard. Fungsi ini sangat umum digunakan dalam bahasa
pemrograman C. Berikut contoh programnya,
//
Membuat program menggunakan fungsi scanf
#include
<stdio.h>
int
main ()
{
int bil_1;
float bil_2;
printf("\nNilai Integer Anda :
");
scanf("%d",&bil_1); // Fungsi scanf
menampilkan bilangan integer
printf("Nilai yang Anda Masukkan
adalah : %d\n",bil_1);
printf("\nNilai Real Anda :
");
scanf("%f",&bil_2); // Fungsi scanf
menampilkan bilangan real
printf("Nilai yang Anda Masukkan
adalah : %f",bil_2);
}
C. Mendeklarasikan
variabel dan konstanta
Variabel merupakan suatu tempat untuk menampung data atau
suatu nilai di dalam memori yang mempunyai nilai yang dapat berubah-ubah ketika
program dijalankan. Suatu variabel dapat mengandung nilai berupa integer, real,
karakter, string, dan boolean sesuai dengan pendefinisiannya diawal. Berikut
contoh programnya,
//
Program Deklarasi Variabel
#include
<stdio.h>
int
main ()
{
int Bil_1; // variabel Bil_1 dengan tipe integer
float Bil_2; // variabel Bil_2 dengan tipe real
printf("Nilai Integer : ");
scanf("%d",&Bil_1);
printf("Nilai Integer Anda :
%d\n", Bil_1);
printf("\nNilai Real : ");
scanf("%f",&Bil_2);
printf("Nilai Real Anda :
%f", Bil_2);
}
Konstanta merupakan suatu data yang nilainya tidak dapat
berubah-ubah dan sudah ditetapkan pada awal pembuatan program. Suatu konstanta
dapat berupa integer, real, karakter, string, dan boolean yang nilainya sudah
didefinisikan di awal program. Berikut contoh programnya,
//
Contoh program dengan nilai konstanta
#include
<stdio.h>
int
main ()
{
int Bil_1 = 23; // Konstanta dengan tipe data integer
float Bil_2 = 3.4; // Konstanta dengan
tipe data real
char Nilai = 'A'; // Konstanta dengan tipe data karakter
printf("Nilai Integer Anda : %d",Bil_1);
printf("\nNilai Real Anda : %f",Bil_2);
printf("\nNilai Anda adalah :
%c",Nilai);
}
Berikut output
program di atas :
2.5 Contoh Bahasa Program C++
1. Fungsi Untuk Menampilakan nama
Contoh
program fungsi berikut sangat serderhana dan merupakan jenis fungsi void yaitu
fungsi yang tidak mengembalikan nilai balik.Dimana kita membuat 2 buah fungsi yaitu
fungsi nama dan fungsi main() sebai fungsi utama yang nantinya tempat untuk
memanggil fungsi nama.Pada fungsi nama sendiri di dalamnya terdapat
sebuat printah program untuk menampilkan karakter atau nama
berupa"Balog18.blogspot.com".Sehingga ketika fungsi nama di panggil
pada fungsi utama, maka program akan menampilkan karakter
"balog18.blogspot.com".
Sintax kode program:
#include <iostream>
using namespace std;
//membuat fungsi nama
void nama(){
cout<<"Balog18.blogspot.com";
}
//fungsi utama dalam C++
main(){
//memanggil fungsi nama di dalam fungsi utama
nama();
}
Contoh program dan hasil Runing:
2. Fungsi dengan Perulangan
Pada contoh
fungsi yang ke-2 ini menggunkan perulangan, yaitu for, dimana
pada fungsi ini akan akan menampilkan karakter yang berulang-ulang sesuai
dengan batas yang di tentukan.
Fungsi ini
merupakan fungsi void, yang tidak
mengembalikan nilai balik, sehingga ketika fungi ini di panggil maka hanya akan
melakukan perulangan.
Sintax kode program:
#include <iostream>
using namespace std;
//membuat cetak
void cetak(){
for(int i=0;i<10;i++){
cout<<"Balog18.blogspot.com"<<endl;
}
}
//fungsi utama
main(){
//pangil fungsi cetak
cetak();
}
Contoh
program dan hasil Runing:
3. Fungi dengan nilai balik
Pada contoh
yang ke-3 ini merupakan jenis fungsi non void atau
fungsi dapat melakukan nilai balik dengan tipe data integer.
Pada fungsi
ini juga memiliki satu paremeter yang digunakan sebagai inputan untu fungsi
(int x).Fungsi ini akan mengembalikan nilai kedalam variabel
"y". jadi, ketika fungsi kuadrat ini di panggil
pada fungsi utama, maka kita harus menyertakan nilai parameter dari fungsi
tersebut seperti "kuadrat(20)", akarna fungsi
kuadrat memilki satu parameter yaitu "int x".
Sehingga
nilai dari variabel x=20
Sintax kode program:
#include <iostream>
using namespace std;
//fungsi nilai balik
//Membuat fungsi kuadrat
int kuadrat(int x){
int
y;
y=x+x;
return y;//fungsi ini menegembalikan nilai Y
}
//fungsi utama
main(){
cout<<"Y :
"<<kuadrat(20);
}
2.6 Contoh Bahasa Program JAVA
1.
Aritmatika
Aritmatika atau perhitungan yang meliputi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain-lain:
package cthprogram;
public class aritmatika {
//Aritmatika perhitungan
public static void main(String[] args) {
// deklarasi variabel
int a,b,c;
double kali,bagi,tambah,kurang;
// memberikan nilai pada variabel
a=10;
b=6;
c=23;
//menentukan rumus
kali=a*b;
bagi=c/b;
tambah=c+c;
kurang=c-a;
//Cetak nilai
System.out.println("kali: "+kali);
System.out.println("bagi: "+bagi);
System.out.println("tambah: "+tambah);
System.out.println("kurang: "+kurang);
}
}
Pada contoh program di atas merupakan contoh perhitungan aritmatika dengan bahasa java yang sangat sederhana.
Dimana program dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
Pendeklarasian variabel seperti :( int a, b, c) dengan tipedata integer (bilangan bulat)yang nantinya digunakan untuk menampung nilai .
Menentukan Rumus seperti : (kali : a x b), (bagi: c : a), (tambah: c + c), (kurang: c - a).
Mencetak hasil, dari rumus yang sebelumnya telah di buat, dengan perintah :System.out.println("kurang: "+kurang);
Hasil runing program ke-1
2.
Menghitung luas bangun datar
package cthprogram;
public class Bangun_Datar {
//menhitung luas persegi panjang
public static void main(String[] args) {
// deklarasi variabel
int panjang,lebar,luas;
// memberikan nilai pada variabel
panjang=10;
lebar=6;
//menentukan rumus
luas=panjang*lebar;
//Cetak nilai
System.out.println("kali: "+luas);
}
}
Pada contoh yang ke-2 diatas yaitu membuat sebuah
program yang dapat melakukan perhitungan dalam menghitung luas bangun datar
persegi panjang.
Alur program terbagi menjadi tiga fase antara lain :
Pendeklarasian variabel yang ingin digunakan : (int panjang, lebar, luas) yang berfungsi untuk menyipan nilai.
Membuat Rumus, yang mana rumus mencari luas dari persegi panjang yaitu " panjang x lebar" : (luas = panjang * lebar).
Menampikan hasil perhitungan pada layar compiler pada aplikasi netbean (System.out.println("kali: "+luas))
Hasil runing program ke 2:
Alur program terbagi menjadi tiga fase antara lain :
Pendeklarasian variabel yang ingin digunakan : (int panjang, lebar, luas) yang berfungsi untuk menyipan nilai.
Membuat Rumus, yang mana rumus mencari luas dari persegi panjang yaitu " panjang x lebar" : (luas = panjang * lebar).
Menampikan hasil perhitungan pada layar compiler pada aplikasi netbean (System.out.println("kali: "+luas))
Hasil runing program ke 2:
3.
Biodata Mahasiswa dengan inputan dinamis
package cthprogram;
import java.util.Scanner;
public class biodata {
public static void main(String[] args) {
//deklarasi variabel
String nama;
String nim;
//memberikan nilia pada varibel secara dinamis
//memanggil class scanner
Scanner input_bio=new Scanner (System.in);
//nama
System.out.print("Nama:");
nama=input_bio.nextLine();
//nim
System.out.print("Nim:");
nim=input_bio.nextLine();
//cetak nama dan nim
System.out.println("nama"+nama);
System.out.println("nim"+nim);
}
}
Pada contoh yang ke tiga ini merupakan program biodata mahasiswa yang dapat menampilkan nama dan nim, dalam mendeklarasikan variabel dilakukan secara dinamis.
Alur dari program di atas masa seperti contoh-contoh sebelumnya.
Hasil runing program ke 3:
2.7 Perkembangan Bahasa C
Sebelum
tahun 1970-an (atau lebih lama), menggunakan komputer seperti saat ini dari
mulai mengetik hingga main game komputer
merupakan sesuatu hal yang mustahil.
Revolusi yang terjadi di dalam dunia komputer membutuhkan dua tahap agar dapat sampai
kepada zaman seperti sekarang,
yakni:
1. Saat komputer
dibangun untuk membantu para ilmuwan untuk menyelesaikan
tugas-tugas ilmiahnya, dan
2. Turunnya
harga komputer secara signifikan dan dapat digunakan oleh para
pengguna yang bukan programmer, yang berlangsung beberapa dekade setelah tahap
pertama selesai.
Bahasa
C merupakan pengembangan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada
tahun 1970. Bahasa C untuk pertama kali ditulis oleh Brian W. Kernighan dan
Denies M. Ricthie pada tahun 1972. Bahasa C, pada awalnya dioperasikan diatas
sistem operasi UNIX.
Bahasa
C adalah merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa
tinggat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan Bahasa Tingkat
Tinggi dengan Perintah Assambly. Bahasa C mempunyai banyak
kemampuan yang sering
digunakan diantaranya kemampuan
untuk membuat perangkat lunak, misalnya dBASE, Word Star dan lain-lain.
Pada tahun1980 seorang
ahli yang bernama
Bjarne Stroustrup mengembangkan beberapa hal dari bahasa C yang
dinamakan “C with Classes” yang berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++.
Penambahan yang terdapat
pada C++ ini
adalah Object Oriented Programming(OOP), yang
mempunyai tujuan utamanya
adalah membantu membuat dan mengelola program yang besar dan kompleks.
2.8 Perkembangan Bahasa C++
1
Tahun 1940-an
Sebelum tahun 1940, bahasa
pemrograman hanya berbentuk bahasa mesin. Bahasa mesin ini tersusun dari
kode-kode mesin yang dapat dieksekusi langsung oleh komputer. Namun karena
masih banyak ditemukan kesulitan dalam bahasa mesin, pada tahun 1940 dibuatlah
komputer bertenaga listrik. Komputer yang dibuat ini sangat jauh dari kata
sempurna, karena hanya memiliki kecepatan yang
terbatas dan memori yang hanya cukup untuk programmer mengembangkan
program saat itu.
Meskipun dengan komputer
yang sangat terbatas, pada tahun ini tercipta bahasa assembly yang merupakan
bahasa simbol dari bahasa mesin. Dalam bahasa assembly, setiap bahasa mesin
memiliki simbol tersendiri. Seperti misalnya ‘MOVE’ untuk memindahkan, ‘ADD’
untuk menambah, ‘MUL’ untuk perkalian, ‘SUB’ untuk menambah dan lain
sebagainya.
Terciptanya bahasa assembly
merupakan sebuah kemajuan yang signifikan dalam dunia pemrograman. Akan tetapi,
masih ditemukan kekurangan dalam bahasa assembly karena sangat sulit
diterapkan. Selain itu programmer juga merasakan kesulitan dalam mengembangkannya.
Dan pada tahun 1948, Konrad
Zuse merilis sebuah paper kepada publik tentang bahasa pemrograman yang sedang
dikembangkannya, yaitu Plankalkül. Akan tetapi, karyanya tidak sempat digunakan
karena tersisih oleh bahasa pemrograman lainnya. Selain Plankalkül, bahasa
pemrograman yang dikembangkan tahun 1940-an adalah ENIAC Coding System pada
tahun 1943 dan C-10 pada tahun 1949.
Artikel terkait Bahasa Pemograman Paling Populer dan Mulai
Banyak Digunakan
2
Tahun 1950-an Sampai Tahun 1960-an
Pada rentang tahun ini
dibuatlah bahasa pemrograman modern yang dikembangkan turun temurun dan telah
tersebar luas sampai saat ini. Bahasa pemrograman pada masa ini telah
menggunakan istilah yang dekat dengan bahasa manusia semisal ‘WRITE’ untuk
menulis dan ‘READ’ untuk membaca.
Dalam perkembangannya,
Bahasa Tingkat Tinggi juga menggunakan beberapa metode pemrograman seperti
Procedural Programming dan Object Oriented Programming (OOP). Bedanya pada
Procedural Programming, program dieksekusi dengan menggabungkan
variabel-variabel yang berkaitan, sedangkan pada OOP program dijalankan berdasarkan
objek.
Bahasa pemrograman yang
berkembang pada tahun 1950-an sampai tahun 1960-an di antaranya adalah FORTRAN
(1955) yang ditemukan oleh John W. Buckuss dkk, LISP (1958) yang dikembangkan
oleh John McCarthy dkk dan COBOL (1959) yang dibuat oleh The Short Range
Commitee yang mana Grace Hopper sangat berperan besar. Selain 3 bahasa
pemrograman di atas masih ada lagi yang lainnya seperti SIMULA (1962), APL
(1962), BASIC (1964) dan seterusnya.
3
Periode Tahun 1967-1978 : Menetapkan Paradigma
Fundamental
Pada periode 60-an sampai
70-an memang terjadi pengaruh yang signifikan pada perkembangan bahasa
pemrograman. Kebanyakan bahasa pemrograman yang digunakan pada saat ini berasal
dari tahun 60-an sampai 70-an, seperti SIMULA yang merupakan bahasa pemrograman
pertama yang dibuat khusus untuk mendukung pemrograman yang berorientasikan
objek. Kemudian, ada Prolog yang diciptakan oleh 3 programmer yang berbeda yaitu Colmerauer, Roussel dan Kowalski
yang merupakan bahasa pemrograman logika yang pertama.
Selain itu bahasa
pemrograman yang dikembangkan pada periode ini diantaranya Pascal (1970), Forth
(1970), C (1970), Smaltalk (1972), ML (1973) dan SQL (1978).
4
Periode 1980-an : Konsolidasi, Modul dan Performa
Pada periode ini bahasa
pemrograman mengalami kemajuan yang mana tahun 1980 merupakan periode dari
konsolidasi relatif. Pada tahun ini dikembangkan C ++, yaitu bahasa pemrograman
yang dikolaborasikan dengan sistem programming yang berorientasikan kepada
objek. Pada tahun ini juga terjadi fenomena baru dalam desain bahasa yang lebih
fokus pada penggunaan modul secara masif.
Selain C ++, bahasa
pemrograman yang dikembangkan pada periode ini di antaranya adalah Ada (1983),
Eiffel (1985), Perl (1987) dan FL (1989).
5
Periode 1990-an : Visual
Untuk memudahkan programmer membuat
aplikasi, pada tahun ini selain dikembangkan untuk berorientasi kepada objek
juga ditingkatkan agar bahasa pemrograman berbasis visual. Gerakan ini diawali
oleh Python dan Microsoft Visual Basic 1 pada tahun 1991. Selain itu ada Delphi
yang dikembangkan dari Pascal untuk Windows. Puncaknya adalah pada tahun 1997
dimana Visual Basic 5 dirilis untuk memudahkan koneksi ke database dan OO Cobol
yang bisa digunakan dalam versi Windows.
Tidak dapat dipungkiri,
mayoritas programmer berpendapat bahwa tahun ini termasuk tahun yang sangat
produktif bagi dunia bahasa pemrograman. Bahasa-bahasa pemrograman yang
tercatat dikembangkan pada tahun ini di antaranya adalah Haskel (1990), Java
(1991), Ruby (1993), PHP (1995), JavaScript (1995) dan seterusnya.
6
Periode Tahun 2000-an Hingga Sekarang
Pada periode ini, vendor
bahasa pemrograman lebih cenderung mengarahkan programmer mereka untuk
menggunakan produk mereka untuk membuat program. Terdapat 2 konsepsi besar yang
terjadi pada periode ini yang mana kemudahan basis visual telah diarahkan
menjadi basis internet dan mobile. Hal ini ditandai dengan maraknya layanan
website yang berbasis internet untuk platform ponsel.
Selain hal di atas, pada
periode ini juga disebut sebagai zamannya CMS (Content Management System) yang
mana menyebabkan lompatan pengembangan PHP Script sangat cepat. Hal ini tentu
saja mempermudah dalam membuat website yang sudah tersedia berbagai macam
template. Banyak modul yang siap pakai sehingga yang tentu akan sangat
memudahkan programmer sehingga tidak perlu lagi mempelajari semua script HTML
dan bahasanya.
Beberapa bahasa pemrograman
yang tercatat dikembangkan pada tahun 2000-an hingga detik ini di antaranya
adalah Tcl/Tk, O’Caml, Ruby, Phyton 3.1, Microsoft Visual Net, JavaScript
Template dan Java (Java 6 JDK, JED, Java Beans, J2ME).
2.9 Perkembangan
Bahasa Java
1
Tahun 1991-1992
Java diciptakan oleh James
Gosling, yaitu seorang developer dari Sun Microsystems. Perkembangan java tidak
hanya berfokus pada satu system operasi tapi juga dikembangkan untuk berbagai
system operasi dan bersifat opensource. Java lahir dari sebuah project yang
dinamakan “The Green Project”, yang berjalan selama 18 bulan dari awal tahun
1991 hingga musim panas 1992.
Project ini dimotori oleh
Patrick Naughton,Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta Sembilan
programmer lainnya dari Sun Microsystems. Lalu sekitar musim panas 1992 project
ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama.
2
Tahun 1995
Pada bulan Maret, 1995,
untuk pertama kalinya, source code java versi 1.0a2 dirilis
3
Tahun 1996
Pada 23 Januri tahun 1996
Versi awal Java (JDK 1.0) dirilis. Java versi ini menyertakan banyak paket
standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
java.lang:
Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
java.io:
Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
java.util:
Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas
penanggalan.
java.net:
Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain
menggunakan jaringan TCP/IP.
java.awt: Kelas
dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
java.applet:
Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
4
Tahun 1997
JDK 1.1 dirlis pada 19
Februari, 1997 dan didownload sebanyak 220,000 kali hanya dalam waktu tiga
minggu.
JavaOne dihadiri oleh 8,000
tamu, menjadikannya konferensi java terbesar.
Platform Java Card 2.0
diperkenalkan.
5
Tahun 1998
JDK 1.1 mencapai kemuncaknya
dengan pencapaian jumlah download sebanyak 2 juta.
J2SE 1.2 dirilis pada
tanggal 8 Desember 1998
The Java Community Process
(JCP) didirikan.
6
Tahun 1999
source code Platform Java 2
dirilis
JavaOne dihadiri 20,000
peserta
J2EE beta dirilis
7
Tahun 2000
J2SE 1.3 dirilis pada
tanggal 8 Mei, 2000
Terdapat lebih dari 400
komunitas pengguna Java diseluruh dunia.
Program Java Developer
Connection didownload sebanyak 1.5 juta
Steve Jobs menyertai Scott
McNealy dipentas JavaOne untuk mengumumkan komitment besar Apple dalam menyokong
teknologi Java.
8
Tahun 2001
Konferensi Internasional
pertama JavaOne dilakukan di Yokohama, Jepang.
Platform Java Enterprise
Edition (Java EE) SDK didownload Lebih dari 1 juta
9
Tahun 2002
J2SE 1.4 dirilis pada
tanggal 6 Februari, 2002
J2EE SDK didownload lebih
dari 2 juta.
78% esekutif melihat
teknologi J2EE sebagai platform paling effektif untuk membangun dan
mengembangkan web.
10 Tahun 2003
Teknologi java dipakai di
desktop dengan jumlah hampir sebanyak 550 juta.
75% programmer-profesional
menggunakan bahasa pemrograman Java sebagai bahasa pemrograman utama mereka.
11 Tahun 2004
J2SE 5.0 dirilis pada
tanggal 30 September, 2004
Platform Java 2, Edisi
Standard 5 (Projek Tiger) dirilis.
Sun Java Studio Creator
dirilis.
12 Tahun 2005
Teknologi Java meraih ulang
tahun kesepuluhnya
13 Tahun 2006
Java SE 6 dirilis pada
tanggal 11 December, 2006
NetBeans IDE 5.0 dirilis.
14 Tahun 2011
Java SE 7 dirilis pada
tanggal 28 Juli, 2011
15 Tahun 2014
Java SE 8 dirilis pada
tanggal 18 Maret, 2014
16 Tahun 2017 – Sekarang
Java SE 9 dirilis pada
tanggal 21 September, 2017
Java akan terus dikembangkan
agar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.
BAB 3
PENUTUP
Demikianlah Makalah ini saya buat dengan
sebaik-baiknya. Terima kasih buat Orang tua yang selalu mendukung saya baik
materil maupun moril,dan terima kasih untuk abang dan kakak assisten
laboratorium paket applikasi, juga terima kasih buat kawan-kawan yang telah membantu
dalam mengerjakan makalah ini.semoga makalah ini dapat berguna buat kita semua
dan buat angkatan ke depannya kelak.
lebih dan kurangnya saya mohon maaf,
kepada abang dan kakak saya ucapkan terima kasih
Wassalammu’alaikum Wr.Wb
0 Komentar